Jadi Pasukan Penjaga Perdamaian, 4 Personel Polda NTB Siap Bertugas ke Afrika Tengah

1190

MATARAM, Warta NTB – Setelah menjalani pelatihan selama lima bulan untuk meningkatkan kemampuan taktis dan pengetahuan tentang United Nation Maupun akhirnya Satgas FPU 4 Minusca yang dipimpin Wadir Samapta Polda NTB AKBP Wahid Kurniawan, S.IK resmi ditetapkan jadi personel penjaga perdamaian atau Peace Keeper yang akan diberangkatkan ke Republik Afrika Tengah.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, S.IK mengatakan, status penjaga perdamaian tersebut mereka raih setelah menjalani pembaretan 154 anggota Satgas yang dipimpin langsung oleh Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Drs. Johny Asadoma, S.IK M.Hum di Lapangan Puncak Halimun, Jumat (26/8/2022) lalu.

“Sebelumnya pasukan yang akan dikirim ini telah menjalani tradisi jalan juang dengan menempuh jalanan terjal sekitar 40 Kilo Meter puncak gunung Halimun, Bogor Jawa Barat,” katanya.

Giat tersebut lanjutnya, juga dihadiri oleh Personel Pejabat dan Personel Divisi Hubinter Polri, Wadan (Wakil Komandan) PMPP TNI Brigjen TNI Heru Langlang Buana, Pemerintah Kecamatan Caringin dan unsur terkait. Dalam pelaksanaannya lapangan puncak Halimun sontak menjadi membiru dengan baret para Peace Keeper Polri.

Dijelaskan Artanto, selain Wadir Samapta, juga ada tiga personel Polda NTB yang ikut andil menjadi Peace Keeper Polri mereka adalah Brigpol Hendra Febriyan Cahyadi personel Subbid Mulmed Bidhumas, Brigpol Doddy Setiawan, Briptu Lalu Ginandra Ega yang merupakan personel Dit Reskrimsus Polda NTB serta personel Kompi 2 Yon A Lombok Tengah.

“Rencananya Satgas FPU 4 Minusca akan diberangkatkan menuju Afrika tengah pada tanggal 17 September 2022 mendatang menggantikan Satgas sebelumnya yakni Satgas FPU 3 Minusca,” tutupnya. (WR-02)